Porang Semakin Dikenal Banyak Masyarakat, Ini Dia Beberapa Olahannya

Tanaman porang makin populer belakangan ini setelah masyarakat mengetahui kandungan di dalamnya yang memiliki banyak manfaat sehingga banyak yang ingin tahu harga buah porang perkilo. Porang ini sendiri merupakan tanaman umbi-umbian.

Namun kepopuleran porang justru tak terlalu heboh di Indonesia, tapi negara seperti Korea Selatan dan Jepang yang mulai melirik tanaman porang ini. Kali ini kita akan membahas beberapa hasil olahan dari porang tersebut.

Tepung Porang

Tepung yang satu ini tentu beda dengan tepung terigu atau tepung lainnya. Keistimewaan dari tepung porang salah satunya yaitu ada konjac glukomannan terkandung di dalamnya bahkan dalam konsistensi yang tinggi.

Kalau berbicara cara membuat tepung porang, sebenarnya cukup mirip dengan pembuatan tepung lain termasuk bisa dibuat memakai cara yang tradisional. Walau begitu, tidak sembarangan dalam pembuatan tepung porang tersebut.

Kandungan oksalat harus diperhatikan karena bisa memicu gatal.

Bakso Porang

Adanya tepung porang membuat bahan dapur yang sehat satu ini bisa dipakai untuk membuat banyak olahan. Porang bahkan dapat saja diolah untuk menjadi bakso, caranya dengan mencampur tepung porang dengan daging layaknya seperti mengolah adonan bakso biasanya.

Mie Shirataki

Jika berbicara mengenai porang, rasanya tidak lengkap jika tidak membahas mi shirataki. Jenis mie satu ini adalah hasil olahan tepung porang yang sangat populer. Mi ini memiliki kabohidrat lebih rendah dibandingkan mi lainnya.

Selain itu kandungan mi shirataki lebih tinggi, mi ini pun dianggap lebih menyehatkan untuk tubuh manusia. Makanan Jepang ini mempunyai ciri-ciri warna putih bening, mie shirataki sering disebut mi konjak juga.

Ada berbagai manfaat dari mi shirataki seperti cocok untuk diet, serat di dalam mie shirataki bisa menunda kosongnya perut. Mereka yang mengonsumsi mie shirataki merasa lebih lama kenyang dibandingkan mi instan biasanya.

Olahan tanaman porang satu ini mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti sembelit. Ada serat glucomannan dalam porang yang mengandung polisakarida untuk kinerja usus yang lebih baik.

Beras porang

Masyarakat Indonesia tidak lepas dari seringnya mengkonsumsi nasi. Dengan gluten lebih rendah, maka beras porang cocok dikonsumsi untuk mereka yang ingin gaya hidup lebih sehat.